Jumat #808080, ACPI, P-States and Family

808080#808080 a.k.a Kelabu a.k.a Abu-Abu

Hari ini musitnya gue kuliah tetapi apadaya hujan menghentikan diriku sejenak sampe-sampe gue terbangun dari tidur gue di pagi hari cuman gara-gara ada bunyi genangan air. Jadi kamis kemarin laptop gue sudah balik dari rumah sakit dan ternyata gak sampai 8 jam masalahnya muncul lagi. Akhirnya gue punya cara yang agak sakti sakit yaitu mematikan P-States melalui BIOS !

Secara umum, P-States kalau di processor Intel disebut Intel Speedstep. Karena semakin banyak bahasa yang beragam dari anak buahnya ACPI ini. Oke gampangnya aja P-States merupakan Performance States menurut wikipedia, menurut gue ini status dimana mengontrol performance processor komputer. Bekerjanya sebenarnya baik sih yaitu mempengaruhi frequency dan voltage pada procie. Semakin naik angkanya (misal P1 sampai P3) maka frequency juga turun. Berhubungan dengan suhu juga dimana kalau lagi high load maka dari P0 bakalan pindah ke P1 dimana mereduksi frequency sehingga suhu juga ikut turun. Kalau gak salah ini istilahnya throttling.

Buat lebih lanjut baca-baca disini sumber dari Intel

Gue belom ngutak-ngatik C-States dimana ini disebut Processor States menurut wikipedia yang dimulai dari C0 (operating state) lalu C1 Halt, gampangnya ini posisi lagi idle jadi frequency turun kali ya, C2 yaitu Stop-Clock gampangnya standby deh dan terakhir yang sering dipakai yaitu C3 atau Sleep.

Buat lebih lanjut mengenai perbedaan C-State dan P-State bisa baca disini sumber dari Intel

Menurut gue ada kesalahan mungkin sama P-States Table karena setiap throttling dan juga processor mau menemui ajal Tj Max nya (temperature maximum), clock turun tapi core 0 (thread 0) malah jadi 100% karena system interrupts (dimana mengacu pada ACPI).

Bahayanya sekarang laptop gue berjalan pada kecepatan maximum turbo-boost di celcius tinggi sehingga agak berbahaya jadi gue setiap selesai tugas, melakukan yang berat-berat, game, gue harus buka Power4Gear untuk menurunkan manual multiplier clock gue karena kalau tidak, clock gue berjalan constant padahal laptop gue lagi idle se idle-idlenya.

low

Sebenarnya ACPI (Advance Configuration and Power Interface) itu apa sih, kenapa ini kata/singkatan aneh banget ya. Gampangnya ini buat mengatur power hardware yang ada di komputer. Ketika ada yang di disable, maka sama saja kayak lagi matiin hardware tersebut. Contoh mendisable ACPI akan mematikan fungsi USB. Ini juga berdampak pada BSOD karena hardware yang dimatiin tersebut gak seutuhnya mati. Gue juga agak bingung menjelaskannya karena masih awam banget di sektor ini.

Kalau dari namanya saja ACPI ini secara garis besar mengatur power yang ada di hardware-hardware komputer bahkan mengatur charge batre dan juga bisa buat mendeteksi siklus dari batre tersebut (CMIIW). Eniwei, kalau sering utak-atik hackintosh pasti mengenal DSDT (Differentiated System Description Table). Kalu menurut gue ini buat ngegantiin Kext. Kext itu semacam driver yang ada di Mac OS dan isinya ada kayak kode-kode hexadecimal dan ID vendor dari hardware tersebut. Kerjanya ya sama, mengkoneksikan hardware, mengatur power yang ada pada hardware tersebut ke papan ibu (motherboard). Jadi kerjanya bekerja sama antara Operating System dan Motherboard. Coba bayangkan kalau tidak ada yang mengatur power kayak USB deh, lu gak bakalan bisa charge smartphone (yang katanya smart) di komputer.

Informasi ini mungkin kurang jelas / susah dimengerti karena gue juga kurang ngerti dengan jelas tapi gue menjabarkan sesuai pandangan gue..

Walao, speedy mati berapa kali hari ini =_=

Advertisements